Tikachu's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Formula Belajar Efektif dengan 3M

pada Oktober 13, 2010

Hampir 1 bulan terakhir saya berada di lingkungan yang sangat dinamis, penuh suara dan harapan tentang perubahan menuju arah yang lebih baik. Banyak kalimat-kalimat motivasi yang didengungkan:

Keep on moving and keep the spirit high

Do it better everyday

Many things to do, many dreams will become true

Do the best for everything

Good to Great

No Mistake

Service Excellence

and…many more…

Menjadi fitrah, saat manusia ingin berada di lingkungan yang nyaman, yang kebutuhannya terpenuhi setahap demi setahap mulai dari yang paling dasar sampai yang paling puncak. Maslow sendiri sudah mengadakan penelitian yang saat ini dijadikan referensi untuk para tim HRD di segala bidang usaha. Mulai dari kebutuhan fisiologis (lapar, haus, tidur, dll), kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sosial (diakui oleh masyarakat, dll), kebutuhan untuk dihargai, dan kebutuhan untuk mengaktualisasikan diri. Setiap fase kehidupan akan berputar di kebutuhan-kebutuhan tersebut. Setiap orang, kelompok orang, organisasi akan senantiasa bereaksi terhadap kondisi-kondisi yang mengharuskan mereka untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Konsep sederhana yang sudah dikenali secara umum untuk bisa menjadi lebih baik adalah dengan: BELAJAR. Garvin, Edmondson, dan Gino (2008) dari Harvard Business school menyatakan satu konsep belajar bersama yang bisa dilakukan secara masif. Konsep bersama ini dikenal dengan istilah Organisasi Pembelajar. Ada 3 syarat yang harus dipenuhi saat sebuah organisasi ingin belajar bersama-sama untuk menjadi lebih baik: lingkungan pembelajaran yang mendukung, proses pembelajaran yang konkret, dan kepemimpinan yang mendukung proses pembelajaran. Tiga pilar ini yang akan menjadi penyokong utama proses menuju Organisasi Pembelajar.

Pertanyaan nan sederhana muncul: “Dari mana kita memulai langkah belajar masif itu?”

Jawabannya pun tak kalah sederhana: “Dari diri sendiri dengan menggunakan konsep 3M: Mempelajari, Mengamalkan, Mengajarkan

Mempelajari berarti dibutuhkan pemahaman terhadap konsep-konsep yang ada, menerjemahkannya dalam amal/tataran praktis yang dicontohkan oleh diri sendiri, dan membaginya pada orang lain (mengajarkan). Dengan demikian, akan tercipta suatu proses pembinaan yang berkesinambungan dan pada akhirnya bisa bergerak untuk belajar bersama.

Tertarik untuk belajar bersama? Mari terbuka, berdiskusi, dan terus berbagi.

–Untuk sahabat-sahabat yang sudah banyak menginspirasi dalam 1 bulan ini–

Selamat berkarya🙂

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: