Tikachu's Weblog

Just another WordPress.com weblog

MENEMUKAN JATI DIRI TERBAIK ( BAGIAN II) : LANGKAH BESAR ITU DIMULAI DARI SATU LANGKAH KECIL YANG TERENCANA

pada Februari 5, 2009

Saya teringat pembicaraan saya pada tengah tahun 2008 dengan salah seorang pengusaha muda sukses di mata saya . Tria namanya. Mahasiswa semester 6 di jurusan Teknik Kimia itu bercerita dengan penuh antusias tentang pengalaman jatuh bangunnya dalam dunia wirausaha. Saya yakin setiap orang akan tercengang ketika mengetahui bahwa ia pernah berpenghasilan hampir 500 juta rupiah dalam waktu satu bulan. I just can say, “ What did you do?”. Percaya ga percaya, usahanya dimulai dari berjualan donat di SMU dulu. Kemudian ia lanjutkan dengan menjadi guru privat untuk persiapan USM ITB, dengan jam kerja dari jam 6 pagi sampai jam dua malam, non-stop! Believe it or not, it happened. Dia tidur dia atas motornya, hanya dua jam dalam sehari. Semuanya itu dia lakukan untuk mengumpulkan modal usaha. Pada akhirnya, usaha Tria ga sia-sia. Dia mulai merintis karirnya menjadi pengusaha yang menyewakan LCD projector di berbagai tempat, bahkan di universitas ternama kota Bandung sekalipun. Bahkan, Tria pun pernah ikut terjun dalam bisnis transportasi batu bara negara, dari Kalimantan ke Pulau Jawa, dimana dia mendulang ratusan juta rupiah dari bisnis ini. Hmmm …

“Kata kuncinya cuma satu, tik. Gua inget banget ayat dalam Al-Qur’an, apabila kamu sudah menyelesaikan satu pekerjaan, maka beralihlah ke pekerjaan yang laen,” kata Tria. FOKUS !! Yah, itu intinya. Tapi fokus adalah langkah berikutnya setelah adanya perencanaan yang matang. Tria sudah mendesain rencana hidupnya sebagai seorang pengusaha. Seorang trainer ITB pernah memberi tahu saya satu kunci kesuksesan hidup dunia. Beliau meminta saya untuk memilih, antara jam dan kompas. Jam analog dengan keteraturan, dan sebaliknya kompas analog dengan arah. “Bagusnya sih, jam yang ada kompasnya …” . Yah, iyalah. Satu pelajaran besar yang berharga dari jam kompas tersebut, bahwa kita harus memiliki aksi yang terarah dan teratur. Arah tanpa keteraturan sama dengan membuang waktu dan teratur tanpa memiliki arahan adalah sia-sia.

Langkah besar itu dimulai dari suatu langkah kecil yang terencana. Hidup ini menawarkan banyak pilihan menggiurkan, yang justru dapat “membunuh” kita secara perlahan saat kita tidak bisa merencanakan pilihan-pilihan tersebut dengan bijak dan sadar. Bagaimana cara kita menentukan langkah besar mana yang kita pilih ? Simple answer. Kita ingin dikenang sebagai orang yang seperti apa saat kita meninggal kelak. Kalau saya, saya ingin dikenal sebagai orang yang berkontribusi dalam perbaikan berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan kemuslimahan. Dari cita-cita besar inilah, akhirnya saya mendeklarasikan dan meniatkan diri untuk menjadi Menteri Pendidikan Nasional Indonesia (aamiinn ..). Atau minimal menjadi dosen dan memiliki yayasan pendidikan sendiri yang mampu memberikan layanan pendidikan gratis untuk berbagai wilayah di Indonesia. Pada akhirnya, saya memilih untuk lulus S2 dan apply S3 sesegera mungkin. Semuanya harus terencana, sehingga walaupun kita melihat teman atau keluarga kita memiliki karir yang sukses dengan gaji besar di bidang pilihannya, kita tidak akan mudah tergiur dan akhirnya membelot pindah jalur dalam waktu singkat. Jadi, mulai rencanakan masa depanmu dari sekarang. Tentuin visi hidup kamu, dan lewat jalur mana kamu ingin meraih visi itu. Terakhir, mengutip kata Aa Gym, “ Mulai dari saat ini …” .


2 responses to “MENEMUKAN JATI DIRI TERBAIK ( BAGIAN II) : LANGKAH BESAR ITU DIMULAI DARI SATU LANGKAH KECIL YANG TERENCANA

  1. thegreatamanda mengatakan:

    Yes, mulai dr saat ini. Thx teh udh diingetin..🙂

  2. nursatwika mengatakan:

    tria ya? ehehe…dirimu mengingatkanku pada pertemuan singkat di lpkm saat itu,,,:p
    iya, betul : mari kita persiapkan hidup kita dengan matang…masalah hasil, itu mah urusan Allah…:D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: